PRESS RELEASE TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN OBAT KERAS ( PIL LL ) POLSEK LAKARSANTRI POLRESTABES SURABAYA

Lakarsantri, Surabaya ( 15/10/2020 ) – Polsek Lakarsantri menggelar press release tertangkapnya pengedar ribuan butir Pil Double L atas pengembangan penyelidikan lanjutan setelah sebelumnya mengamankan 2 ( dua ) orang lelaki di daerah Raci Pakal Surabaya yang kedapatan membawa 25 ( dua puluh lima ) butir Pil Double L.

Dari Pengembangan kasus, selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap Pelaku berinisial M.I di daerah Balong Panggang Gresik, M.I adalah penjual 25 ( dua puluh lima ) butir Pil Double L tersebut.

Pelaku dikenakan pasal yang berbunyi ” Siapa orang yang dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat alat kesehatan yang tidak memenuhi standart dan atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemufakatan, dan mutu dan tidak memiliki ijin edar obat keras sebagaimana dimaksud dalam Pasal 196 sub 197 jo 98 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Ancaman pidana yang teringan adalah denda paling banyak Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta-rupiah) dan yang terberat adalah paling lama 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp. 1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah)

Terhadap barang bukti berupa 4 (empat) bungkus plastic berisi pil dobel L dengan jumlah 4000 butir pil dobel L , 1 (satu) Kaleng Hock Guan Biscuit, uang sebesar Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) hasil penjualan pil dobel L milik pelaku sementara diamankan oleh Penyidik dan sudah dilakukan pelabelan untuk selanjutnya diserahkan kepada jaksa penuntut umum.

“Jangan karena pihak Kepolisian menangkap serta mengungkap penyalahngunaan obat keras double L, masyarakat lalu berpikir bahwa di Kota Surabaya khususnya wilayah hukum Polsek Lakarsantri telah marak terjadi, Justru oleh karena itu pihak Kepolisian akan menghentikannya,” pungkas Kapolsek.

Keane

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *