Surabaya – PromoterNews

Pada hari Kamis (27/9/2018) siang, dengan didampingi Iptu Tritiko selaku Kanit Reskrim, Kapolsek Pabean Cantikan Surabaya menggelar konferensi pers hasil ungkap pembobolan brangkas yang terjadi pada hari Senin (28/5/2018) sekitar pukul 06.30 WIB lalu di pertokoan Jalan Kalimati Panggung Surabaya.

Ketiga tersangka yang berhasil diamankan yakni berinisial SDI (48 tahun) warga Dusun Krisik, Kec. Jabung, Kab. Malang, JND (43 tahun) warga Jalan Jepara Surabaya dan Mat HS (33 tahun) warga Dusun Timur Sampang.

Dalam Konferensi pers yang dilaksanakan di halaman Mapolsek, Kapolsek pabean Cantikan AKP Mellysa Amelia, S.H., S.I.K., M.Si., sangat mengapresiasi hasil kerja keras dan kerja nyata anggota Unit Reskrim yang berhasil membekuk ketiga tersangka.

” Menjadi suatu kebanggaan buat saya, dimana setelah melakukan penyelidikan yang tidak mengenal waktu, Unit Reskrim berhasil mengupas tuntas kasus pembobolan brankas ini, ” ucap Kapolsek Pabean Cantikan Surabaya.

Saat ketiga tersangka digiring menuju halaman Mapolsek guna Konferensi Pers

Masih kata Kapolsek, sejak hari Rabu (26/9/2018), ketiga tersangka sudah resmi menjadi penghuni baru rutan Mapolsek Pabean Cantikan Surabaya.

” Selain tersangka, kesemua barang bukti dari penangkapan ketiga tersangka sudah kita amankan di Mapolsek, ” jelas AKP Mellysa.

Dikesempatan yang sama, Kanit Reskrim Polsek Pabean Cantikan Iptu Tritiko GH, S.H., menjelaskan modus operandi yang dilakukan oleh ketiga tersangka yakni dengan memanjat pagar salah satu toko yang ada di Kalimati Panggung Surabaya.

” Agar tidak terlacak pemilik maupun anggota Kepolisian, tersangka merusak kamera CCTV yang ada di toko tersebut, ” terangnya.

BB sapi yang dibeli tersangka usai membobol brankas toko

Dari aksi ketiga tersangka, lanjut Tritiko, ketiga tersangka mendapatkan hasil uang tunai sebesar Rp. 110.000.000 (Seratus Sepuluh Juta Rupiah) dan dibagi menjadi tiga.

” Untuk tersangka SDI dan JND masing-masing menerima uang tunai sebesar Rp. 40.000.000 (Empat Puluh Juta Rupiah). Sedangkan sisanya Rp. 30.000.000 (Tiga Puluh Juta Rupiah) untuk tersangka Mat HS yang juga karyawan toko tersebut, ” jelasnya.

Masih kata Tritiko, karena hasil pembobolan berangkas di toko tersebut sudah digunakan untuk berbelanja oleh ketiga tersangka, maka barang-barang tersangka diamankan ke Mapolsek guna dijadikan barang bukti.

” Uang hasil curian tersebut dibelikan 2 ekor sapi, 2 unit sepeda motor, sound system, LCD, Hard Disc. Sedangkan untuk melancarkan aksinya, ketiga tersangka menggunakan gergaji dan obeng. Kesemuanya kita jadikan barang bukti, ” paparnya.

Ketiga tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat) yang ancaman hukumannya maksimal 10 tahun. ( Humas Res. Pel. TG Perak / Syam )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here