Promoter.news | Upaya penyelundupan lima calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berhasil digagalkan jajaran Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Selain mengamankan lima calon TKI, polisi juga mengamankan satu orang wanita berinisial Ds (48) yang berperan sebagai calo. Penangkapan calo yang telah ditetapkan sebagai tersangka ini dilakukan Rabu (24/1) lalu sekitar pukul 06.30 Wib.

Kapolsek KKP SBP Tanjungpinang, Kompol Darmawan mengatakan, pengungkapan kasus ini berkat informasi, kemudian dilakukan pemeriksaan di pelabuhan.

“Informasinya ternyata benar, hingga kita lakukan penangkapan di Pelabuhan SBP Tanjungpinang,” terang Darmawan kepada wartawan, Kamis (25/1).

Saat pemeriksaan di pelabuhan, kelima calon TKI tersebut ternyata hanya menggunakan paspor pelancong saja dan tidak dilengkapi dengan surat resmi untuk bekerja di Malaysia.

“Mereka (calon TKI) dijanjikan bekerja di perkebunan yang ada di Malaysia,” kata Darmawan yang saat itu didampingi Kanit Reskrim Aiptu Fredy Simanjuntak.

Darmawan mengatakan, sebelumnya tersangka beserta para calon TKI bertemu di Pekanbaru, Provinsi Riau, kemudian tersangka mengurus semua keperluan mereka sebelum diberangkatkan ke Malaysia untuk bekerja.

“Semua urusan untuk surat -surat kelengkapan seperti paspor dan tiket kapal calon TKI diurus tersangka,” ujar Darmawan.

Adapun barang bukti yang disita dalam kasus ini yakni lima buah paspor atas nama kelima calon TKI, lima tiket kapal dan boarding pass pelabuhan.

Darmawan mengatakan, tersangka akan dijerat dengan Pasal 102 ayat (1) huruf (a) UU No 39 tahun 2004 tentang penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri.

“Ancaman hukumannya minimal lima tahun dan maksimal sepuluh tahun penjara,” tutupnya. InewsTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here