Polres Melawi – Kasat Binmas AKP T. Pardamean Marbun beserta Anggotanya Aiptu MTL. Tobing, Aiptu Sutrisno, Brigadir Ngadino dan Brigadir Juliansyah, melaksanakan pengecekan alat dan sarana prasana pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dimiliki oleh perusahaan sawit PT. SDK I Batu Buil Kecamatan Belimbing, Rabu ( 7/2/2018 ) sore.

Dalam kunjungan tersebut AKP TP. Marbun juga menyampaikan himbauan dan langkah-langkah penanggulangan dari Karhutla.”

Kasat Binmas Polres Melawi AKP T.P.Marbun saat mengecek perlengkapan pencegahan Karhutla PT. SDK I. Foto : Humas Polres Melawi

Kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) terjadi karena 2 faktor, pertama terjadi karena faktor alam, hal ini kalau dilihat dari segi geografis Kabupaten Melawi terletak didataran tinggi dan tidak memiliki lahan gambut, kebakaran yang disebabkan oleh faktor alam memang sering kali terjadi dilahan gambut yang mudah terbakar, kedua faktor kesengajaan, faktor kedua inilah yang banyak sekali kita jumpai di wilayah Kabupaten Melawi ini karena masyarakat berladang dengan cara berpindah-pindah, membuka lahan baru untuk menanam padi dan segala jenis sayur-sayuran, namun pola masyarakat berladang berpindah-pindah ini, semakin tahun sudah semakin sedikit hal ini berkat kerja keras dari para Bhabinkamtibmas yang ada diwilayah hukum Polres Melawi, yang tidak kenal lelah secara terus menerus memberikan himbauan kepada masyarakat melalui door to door sistem, jelasnya.

Dia menambahkan PT. SDK I sudah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai sebuah perusahaan perkebunan yang wajib memiliki sarana dan prasarana pencegahan dari Karhutla, PT. SDK I sudah memiliki alat pemadam kebakaran berupa mesin robin satu set lengkap, memiliki tangki air dan memiliki embung air, menara pantau karhutla serta alat berat yang selalu stanbay guna membantu dalam pemadaman api apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan diwilayah perusahaan PT. SDK I Buil, ungkapnya. (Okta/Adiru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here