Promoter.News | Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Heru Winarko selangkah lagi akan dilantik sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Mantan kapolda Lampung itu akan menggantikan Komjen Budi Waseso yang memasuki pensiun karena usianya sudah 58 tahun.

”Istana memilih Pak Heru Winarko,” kata sumber di Mabes Polri, Rabu (28/2) malam. Pelantikan Heru rencananya akan digelar pada Kamis (1/3) pukul 09.00 di Istana Negara. Heru akan segera naik menjadi bintang tiga atau komisaris jenderal (komjen).

Munculnya nama Heru relatif mengejutkan karena mengalahkan beberapa nama yang sebelumnya disebut akan mengisi jabatannya yang eselonnya setingkat menteri itu. Misalnya nama Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto, Kabaharkam Komjen Moechgiyarto, atau Deputi Penindakan BNN Irjen Arman Depari.

Itu karena menurut Undang-Undang 35/2009 tentang Narkotika, khususnya Pasal 69 huruf e, kepala BNN harus berpengalaman paling singkat lima tahun dalam penegakan hukum dan paling singkat dua tahun dalam pemberantasan narkotika.

Heru selama ini lebih dikenal sebagai penyidik di lingkungan ekonomi khusus dan tindak pidana korupsi Bareskrim. Bintang satu disandangnya saat berdinas di Kemko Polhukam. Belum jelas kapan dan di mana Heru pernah berdinas dalam pemberantasan narkotika secara langsung, tidak secara manajerial seperti saat menjabat kapolres atau kapolda misalnya. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here