Promoter.news, Gresik – Kapolres Gresik Akbp Wahyu S Bintoro, SH, SIK, MSi beserta Kabag Ren Kompol Sukri memimpin langsung Operasi Cipta Kondisi yang dilaksanakan oleh Personil Polres Gresik guna mencegah gangguan Kamtibmas di wilayah kabupaten Gresik, Sabtu (02/6/2018) malam hari.

Operasi Cipta Kondisi yang digelar di Wilayah Kota dan Perbatasan antar Kota, dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif terutama di wilayah perbatasan antar kota. Diketahui bahwa Kecamatan Kebomas  dan Kecamatan Duduk Sampeyan berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan dan Surabaya.

Sebanyak 125 personil gabungan Polres Gresik dan Instansi Terkait disebar di beberapa titik rawan kejahatan pada minggu malam itu. Titik-titik tersebut yakni Terminal Bunder, Jl. Metro park GKB Ds. Yosowilangun Kec. Manyar, Jl. Ry. Mojotengah, Menganti dan Jln raya Ds. Sidomukti, Bungah, Gresik.

Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan Operasi Cipkon tersebut akan secara bertahap dilakukan baik siang maupun malam serta pada waktu-waktu lain sesuai kebutuhan.

“Digelarnya Operasi Cipta Kondisi ini dengan sasaran 3C (Curas, Curat dan Curanmor) senjata tajam, Narkoba, minuman keras dan kegiatan balap liar.” Terang AKBP Wahyu.

Operasi Cipta Kondisi melibatkan Gabungan fungsi, baik dari Satlantas, Satresktim, Intelkam, Satnarkoba, Satsabhara, Humas Polres Gresik , Kodim 0817 Gresik, Denpom , Satpol PP Gresik, Dishub Gresik untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal maupun gangguan kamtibmas lainnya yang dapat mengganggu kondusifitas Kamtibmas yang selama ini telah berjalan baik dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Dijelaskan Kapolres, bahwa kegiatan Operasi Cipta Kondisi tersebut akan secara rutin dilakukan setiap malam minggu serta pada waktu-waktu lain sesuai kebutuhan, yang bertujuan meminimalisir tindak kriminalitas yang sering terjadi pada saat malam Weekend, seperti perkelahian, penggunaan Narkoba, miras dan lain sebagainya. “Operasi Cipkon ini perlu dilakukan agar terciptanya situasi yang kondusif bagi Masyarakat Gresik,” katanya.

“Dalam pelaksanakan operasi skala besar tersebut, kami perintahkan untuk pemeriksaan kendaraan beserta seluruh bawaannya dengan sasaran antisipasi adanya Sajam, Senpi, premanisme dan obat-obatan terlarang maupun tindak kejahatan lainnya, seperti Curas, Curat dan Curanmor (3C),” tegas AKBP Wahyu.

Sementara itu, dari hasil operasi skala besar, lanjut Kapolres, petugas berhasil mengamankan Tujuh unit motor tanpa dilengkapi surat surat STNK dan SIM serta dilanjutkan apel Konsolidasi akhir kegiatan oleh Kapolres Gresik.

“Operasi skala besar dapat berjalan lancar aman tertib nyaman dan kondusif tidak ada kejadian menonjol selama operasi berjalan,” jelasnya.

Kapolres menghimbau agar malam Wekend atau malam minggu merupakan hari santai yang biasanya digunakan untuk bermacam aktivitas, momen itu selayaknya digunakan untuk bersantai, baik bersama keluarga ataupun rekan.

“Sebaiknya tidak digunakan untuk keluyuran hingga larut malam, ditambah dengan melakukan tindakan yang melanggar hukum, apalagi yang masih berstatus pelajar atau dibawah umur, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan dan dalam hal ini peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk mengontrol aktivitas putra putrinya,” himbau Kapolres.

‪”Kehadiran kami ini bersama anggota yang tengah melaksanakan kegiatan operasi ini, selain untuk memotivasi personil juga sebagai bentuk pengawasan langsung dari Pimpinan terhadap anggotanya,”pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here