Surabaya – PromoterNews

Bertempat di Lapangan Apel dan jalan depan Mako Polres Pelabuhan Tanjung Perak, anggota Sat Sabhara dan Polsek Jajaran melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan kepolisian “Pak Polis” pada hari Kamis (06 Desember 2018) yang dimulai pukul 08.00 – 09.00 WIB.

Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, di awali apel Fungsi Sabhara Dpp yang dipimpin Kasat Sabhara dan di lanjutkan dengan latihan pengetahuan/kemampuan Unit Pengurai Massa (Raimas).

AKP Heru selaku Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak menuturkan, adapun materi dalam kegiatan tersebut yakni, pengetahuan dan pengingatan kembali tentang Unit Raimas yang harus dikuasai anggota Sabhara,

” Dalam menjalankan tugas harus sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) atau aturan yang berlaku, ” terangnya.

Latihan strategi menghadapi kerusuhan

Selanjutnya, lanjut AKP Heru, teori dan pengenalan perlengkapan yang di gunakan Unit Raimas (Motor Trill, Toa/pengeras suara, Rompi/Body Protector, Helm, Senjata Flashball dan Senpi SS-1 V2.

” Setiap perlengkapan harus berfungsi dengan baik, sehingga dapat mendukung anggota dalam melaksanakan tugas, ” ujarnya.

Masih kata perwira dengan 3 balok dipundaknya tersebut, latihan formasi Unit Raimasharus benar-benar dikuasai oleh anggota Sat Sabhara.

” Baik formasi bersaf maupun berbanjar harus bisa kompak, ” tuturnya.

Simulasi melumpuhkan perusuh

Dalam menjalankan tugas, anggota harus benar-benar sigap, cermat dan tepat pada sasaran.

” Pelaksanaan aplikasi latihan Unit Raimas dalam menghadapi Rusuh Massa yg melakukan tindakan anarki, mulai dari formasi menuju TKP serta tahapan penindakan terhadap kerusuhan Massa yg anarki dengan penembakan Gas Air mata (Flash Ball) sampai penindakan dengan tembakan melumpukan bagi pelaku yang membahayakan keselamatan masyarakat maupun petugas, ” ungkapnya.

Kasat Sabhara berharap, dengan latihan ini, anggota dapat mengemban fungsi Sabhara dalam kemampuan Unit Raimas.

” Sehingga dapat menerapkan pada saat melaksanakan tugas menghadapi massa yang rusuh dan cenderung melakukan tindakan anarkir serta membahayakan keselamatan masyarakat maupun petugas, ” pungkasnya. (Humas Res. Pel. Tg Perak/Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here