Polisi Gerebek Home Industry Jamu Kuat Ilegal dengan Bahan Sildenafil

Surabaya – Ditresnarkoba Polda Jawa Timur menggerebek rumah milik Candra di Perum Babatan Pilang Blok G-I yang dijadikan tempat produksi jamu kuat ilegal, Senin (24/2). Selain menggerebek rumah produksi, polisi juga mengamankan barang bukti 60 kardus jamu ilegal dari gudang penyimpanan hasil produksi di Jalan Babatan Pilang XVII Blok H1, Surabaya.

Direktur Resnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Cornelis M Simanjutak mengatakan, penggerebekan bermula dari adanya informasi masyarakat bila ada rumah yang dijadikan produksi jamu kuat ilegal. Setelah diselidiki, ternyata benar. Rumah Candra digunakan untuk memproduksi jamu kuat ilegal. Kemudian petugas langsung melakukan penggerebekan di lokasi.

“Tersangka C sudah produksi (jamu kuat ilegal) selama dua tahun,” kata Cornelis didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di lokasi, Senin (24/2).

Cornelis menjelaskan, tersangka memproduksi jamu kuat tersebut dibantu dua karyawannya. Bahan bakunya tepung herbal dan tepung obat bernama Sildenafil Citrat. Campuran bahan tersebut diyakini bisa memberikan kekuatan pada konsumen dalam berhubungan seksual.

“Obat Sildenafil ini diperoleh tersangka dari Jakarta. Ini masih kami dalami,” imbuhnya. Polisi dengan tiga melati di pundaknya ini membeberkan, pelanggaran yang dilakukan tersangka adalah tidak memiliki izin produksi dan izin edar.

“Sildenafil ini obat yang memberikan kekuatan seks bagi seorang manusia. Ini hanya diperbolehkan berdasarkan resep dokter,” tegasnya.

Dia menyebutkan, tersangka setelah memproduksi membuat merek sendiri kemudian dijual di wilayah Jatim. Omzetnya sekitar Rp 15 juta sebulan. “Yang bersangkutan pernah bekerja sebagai pembuat jamu di Jawa Tengah. Nah, dia menggunakan keahlian itu untuk produksi jamu kuat ilegal,” tandasnya.

Dari pengungkapan ini, barang bukti yang diamankan sebanyak 60 kardus jamu kuat ilegal.  

Baca juga: Polrestabes Surabaya dan Kapolrestabes Surabaya

Sumber: radarsurabaya.jawapos.com

Kapolrestabes Surabaya. Polrestabes Surabaya, Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol. Sandi Nugroho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *