Polres Jember News ; Kepolisian Sektor Patrang melalui Kanit Binmas Ipda Sugiono melakukan langkah terobosan pendekatan keamanan dengan menggandeng masyarakat yang kerap malang melintang di jalanan. Mereka bukan Sopir Angkot, Bukan Sopir Minibus, juga bukan Gojek. Mereka adalah Para Punggawa Ojek Pangkalan.

” Pendekatan Keamanan (Red. Security Approach ) ini akan menjadi Input penting bagi Kami, karena Polisi tidak mungkin selalu ada ditempat dan waktu yang sama, Tukang Ojek Pangkalan yang sering mangkal dan bergerak dari dari satu tempat ke tempat lain, bahkan mereka kadang demi sesuap nasi berkerja sampai larut malam, justru akan menjadi potensi mitra kamtibmas dalam membangun jaringan komunikasi antara polisi dan rakyat, dalam hal menyerap informasi perkembangan situasi di lapangan ” Ujar Ipda Sugiono saat ditemui menggelar kegiatan sosialisasi agen kamtibmas.

Bukan datang dengan tangan kosong ketika Kanit Binmas Polsek Patrang membaur bersama Kelompok Ojek Pangkalan di Lingkungan Kedawung Kidul Kelurahan Gebang Patrang. Minggu Siang (16/04). Ia datang membawa sarana kontak ” Baju Merah Buat Agen Keamanan “.

Kendati pun demikian, meski hanya mendapat baju mitra kamtibmas, Tukang Ojek Pangkalan menyatakan ” Siap ” jadi agen keamanan. Bukan juga karena berharap nanti dapat tambahan bingkisan lebaran, tapi karena mereka memahami persoalan kamtibmas bukan hanya polisi yang memiliki kewajiban, keamanan adalah tanggung jawab bersama termasuk para punggawa ojek pangkalan. ( Humas Polsek Patrang )

Editor Penulis : Humas Res Jember

LEAVE A REPLY