-4.8 C
New York
Wednesday, December 13, 2017
Home Topik Pilihan Pentingnya Peran Humas Dalam Kepolisian

Pentingnya Peran Humas Dalam Kepolisian

0
46

Di era reformasi sekarang ini masyarakat semakin kritis terhadap kebijakan–kebijkan pemerintah selain itu masyarakat juga menuntut informasi yang transparan dari pemerintah. Dalam dunia Public Relations, memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan serta tujuan yang akan dicapai oleh pemerintah, merupakan salah satu upaya humas untuk menciptakan opini publik yang positif demi tercapainya citra yang positif.

Kunci utama keberhasilan humas adalah adanya kepercayaan dari publik, kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika lembaga yang bersangkutan memiliki citra yang baik dimata masyarakat. Untuk memperoleh citra yang baik, maka seorang praktisi humas harus mampu menciptakan citra baik lembaganya dengan menciptakan citra baik lembaganya dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan, good will dan saling pengertian.

Dalam hal ini Divisi Humas Polri sudah berhasil meraih kepercayaan publik dan dapat meningkatkan citra Polri lebih baik. Raihan peningkatan citra Polri didasari dari beberapa survei diantaranya survei yang dilaksanakan oleh kompas. Capaian semacam itu tidak mudah di raih Polri mengingat dari beberapa tahun Polri selalu mendapatkan citra buruk di mata masyarakat.

Perubahan citra Polri tidak lepas dari peran Divhumas Polri selama ini, dimana Divisi Humas Polri beserta dengan Jajarannya dalam hal ini Bidhumas Polda selalu mengikuti perkembangan – perkembangan di dunia digital atau elektronik baik itu berupa Website atau jejaring sosial yang lagi tenar di mata masyarakat. Dalam jejaring sosila Divisi Humas dan Bidhumas Polda di seluruh Indonesia dari pantauan yang saya lihat aktif berselancar di dunia maya, segala kegiatan Polri yang di muat di media sosial dan website masing – masing Polda.

Selain menampilkan kegiatan – kegiatan Polri yang merupakan salah satu informasi kepada masyarakat atau yang dibilang keterbukaan informasi publik polri juga memberikan himbauhan dan arahan arahan masyarakat baik itu arahan yang beraifat personal maupun yang bersifat kegiatan seperti contoh pengguna jalan yang di berikan himbauan agar selalu tertib berlalu lintas dan tidak melupakan surat – surat kelengkapan berkendara juga memberikan himbauan kepada pelajar, mahasiswa dan kelompok agar tidak melakukan tindakan kejahatan dan mengkonsumsi obat – obat terlarang.

Dari semua itu sekarang Polri mendapatkan simpati dari banyak masyarakat sehingga hasilnya sekarang citra Polri menjadi lebih baik dan secara tidak mungkin peran yang dilakukan oleh Divhumas dan Bidhumas Polda berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here