“Korpolairud Siap Mewujudkan Polri yang Promoter Guna Mendukung Suksesnya Pengamanan Pilkada 2018”

0
308

Kapolri Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD, pimpin Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri ke-67, Selasa (05-12-2017).

Kegiatan yang berlangsung di Mako Poludara Korpolairud Baharkam Polri ini turut dihadiri oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, serta sejumlah Pejabat Utama Polri lainnya.

Dalam amanatnya, Jenderal Pol Tito Karnavian berharap, peringatan ini menjadi momentum dalam mewujudkan Korpolairud yang semakin profesional, modern, dan terpercaya. Sebagaimana tema yang diusung, yakni “Korpolairud Siap Mewujudkan Polri yang Promoter Guna Mendukung Suksesnya Pengamanan Pilkada 2018”.

Kapolri menjelaskan, 67 tahun yang lalu, pada tanggal 1 Desember 1950, Menteri Dalam Negeri RI menerbitkan keputusan yang menetapkan Polisi Perairan sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara. Selanjutnya pada tanggal 5 Desember 1956 diterbitkan Surat Keputusan Perdana Menteri RI tentang Pembentukan Seksi Udara pada Jawatan Kepolisian Negara, sehingga Polisi Perairan berubah menjadi Polisi Perairan dan Udara sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara RI.

Tak lupa, Jenderal Pol Tito Karnavian mengingatkan bahwa tantangan tugas dalam menjaga wilayah udara dan perairan ke depan tidaklah semakin ringan. Terlebih kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pembangunan pada sektor kemaritiman guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yang membutuhkan kesiapan dan kontribusi aktif dari Polri, khususnya Korpolairud.

“Salah satu langkah kebijakan yang diambil dalam menyiapkan satuan Polairud yang solid adalah dengan melakuan restrukturisasi. Karena itu, terhitung mulai tanggal 6 April 2017, Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara disatukan dalam Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri, yang dipimpin oleh seorang Inspektur Jenderal, dan membawahi Direktur Kepolisian Perairan dan Direktur Kepolisian Udara, yang masing-masing berpangkat Brigadir Jenderal. Penguatan ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam tubuh Polairud, terutama dalam meningkatkan kinerja baik di tingkat Mabes Polri maupun di kewilayahan,” katanya.

Selain itu, Jenderal Pol Tito Karnavian juga mengingatkan bahwa pada tahun 2018 akan diselenggarakan berbagai agenda nasional, antara lain Pilkada Serentak di 171 wilayah, penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang, serta penyelenggaraan IMF Wolrd Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

“Saya berharap, Korpolairud dapat berperan lebih aktif lagi dalam mendukung pengamanan berbagai agenda nasional tersebut. Optimalkan seluruh kekuatan yang ada, guna mendukung terciptanya stabilisasi kamtibmas, sebagaimana fungsi dan peran Polairud, termasuk dalam mendukung pelaksanaan tugas operasional fungsi kepolisian lainnya,” ungkap Jenderal Pol Tito Karnavian. AKP Bambang AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here