Polres Trenggalek – Ada yang istimewa saat melintas di jalan nasional Durenan Trenggalek. Tepat di ujung selatan simpang 4 durenan terlihat sebuah bangunan yang cukup menonjol. Dengan dominasi warna biru muda membuat bangunan ini nampak cantik dan mudah terlihat.

Ya, ini adalah Pos pengamanan Polres Trenggalek yang dipersiapkan khusus dalam rangka Operasi Ramadniya Semeru 2017. Bangunan yang awalnya adalah Poslantas disulap menjadi Pos pengamanan lengkap dengan ruang tamu dan tempat istirahat.

Dari pantauan tim redaksi, setidaknya ada 4 bagian utama yakni, ruang tamu, ruang istirahat sekaligus ruang pelayanan kesehatan diperuntukkan bagi pengendara yang lelah dan ingin beristirahat, ruang  operator yang berada di tengah bangunan, ruang pantau yang terdiri dari 2 lantai.

“Lantai dua berfungsi sebagai ruang pantau arus lalu lintas jika terjadi kemacetan arus lalu lintas. Jadi jangkauan pandangan bisa lebih jauh untuk mengetahui titik kemacetan. Kami juga memanfaatkan drone untuk memantau kepadatan arus lalu lintas” ujar Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K.

AKP Ricky menambahkan, Pos Pam tersebut juga difungsikan sebagai rest area bagi masyarakat yang melaksanakan mudik. Disediakan pula tenaga kesehatan jika ada pemudik yang mengalami sakit.

“Lengkap, kami sediakan veldbed untuk istirahat. Ada tenaga medis plus ambulan yang stanby termasuk mobil derek.” Jelas AKP Ricky.

Pos Pam tersebut memang sangat representatif. Sofa tamu ukuran besar ditempatkan ditengah cukup nyaman untuk sekedar melepas lelah sambil menonton TV yang sengaja disediakan bagi masyarakat. Belum lagi sajian lainnya. Di bagian belakang disiapkan pula makanan ringan lengkap dengan pemanas air plus kopi siap saji.

“Semua kami siapkan agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat mudik lebaran. Jadi jangan sungkan, jika lelah silahkan berhenti sejenak, dan istirahat di Pospam Durenan. semuanya gratis” Ujar AKP Ricky.

LEAVE A REPLY