Polresta Kediri- Sebanyak 3.672 KK warga Kelurahan Pojok Kecamayan Mojoroto mendapatkan kompensasi berupa uang dengan keberadaan tempat pembuangan akhir (TPA). Pemberian kompensasi dihadiri langsung oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri bersama Lilik Muhibbah, Senen sore (19/6)

 

 

Kegiatan dilaksanakan di depan Masjid Darunnajah Kelurahan Pojok. Menurut Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, besaran bantuan kompensasi dampak TPA untuk tahun 2017 ini  diberikan kepada warga Kelurahan Pojok sesuai dengan ring yang sudah ditentukan.

 

“Dulu pada tahun 2016 kompensasi dampak TPA ini hanya sebesar 500 juta dan sakarang kompensasinya naik, karena saat Kopi Tahu dulu ada warga dari Kelurahan Pojok yang mengajukan agar kompensasi yang terkena dampak TPA ditingkatkan,”ujarnya.

 

 

Abdullah Abu Bakar menambahkan bahwa Pemerintah Kota Kediri akan terus melakukan inovasi terkait dengan penanganan TPA dan penanggulangan sampah yang ada di Kota Kediri.

 

“Pemkot Kediri terus berbenah agar TPA yang ada di Kota Kediri memiliki  teknologi yang bisa untuk mengurangi bau sampah yang menyengat hingga tercium sampai kerumah warga, apalagi rumah warga yang dekat dengan TPA,”ujar Mas Abu.

 

Terakhir Walikota Kediri mengatakan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) juga sudah melakukan berbagai cara untuk mengurangi bau sampah yang ada di TPA Klotok dengan cara sanitary landfiil dan pengurukan sehingga bau sampah berkurang.

 

“Saya berpesan kepada masyarakat Kota Kediri agar lebih bijak dan tidak membuang sampah sembarangan, selain itu kepada seluruh warga Kelurahan Pojok yang terkena dampak keberadaan TPA agar bantuan sosial ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat,” ujar Walikota Kediri.

 

Perlu diketahui, sebanyak 3.672 KK dari Kelurahan Pojok menerima kompensasi berupa uang karena terdampak keberadaan TPA Klotok. Kompensasi ini diberikan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kota Kediri.

 

Dari 3.672 penerima kompensasi dibagi menjadi tiga ring. Untuk ring 1 berjumlah  1436 KK menerima Rp 325.000 setiap KK. Ring 2 berjumlah 1.533 KK menerima Rp 234.000 tiap KK, sedangkan untuk ring 3 berjumlah 703 KK menerima Rp 192.000 tiap KK. Terdapat kenaikan 36 KK dari 2016.

Pembagian kompensasi diberikan secara simbolis kepada 3 orang warga dilanjutkan tausiyah bersama Ning Lik Wakil Walikota Kediri dan sholat magrib berjamaah dengan imam Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

 

 

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala DLHKP Didik Catur, Kepala Kantor Kecamatan Mojoroto Mohammad Ridwan, Kapolsek Mojoroto Kompol Didit P, SH, M.H Kepala Kelurahan Pojok Erly Maya Muryati, Ketua Pokmas Sumber Tretes Ahmad Imron, ketua RT dan ketua RW se-Kelurahan Pojok serta Bhabinkamtibmas   Pojok Aiptu Wagiyanto . (res|aro)

LEAVE A REPLY