Apel Gelar Pasukan dalam rangka “Operasi Mantap Praja Seligi 2018” dilaksanakan di Lapangan Pamedan Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jumat (5/1) pagi.

Karo Ops Polda Kepri Kombes Pol Drs. Hariadi, SH mewakili Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi , SH bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pelaksanaan Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Seligi 2018 yang dlaksanakan pagi tadi.

Dalam arahan Kapolda yang disampaikan oleh Karo Ops mengatakan , Apel Gelar Pasukan ini untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri dan Instansi terkait sebelum diterjunkan kelapangan nantinya, dengan harapan yang semua yang sudah direncanakan dapat berjalan secara Optimal dalam menyukseskan Pengamanan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tahun 2018, ujar Karo Ops.

Kehidupan Demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang di jamin oleh Konstitusi, tambah Karo Ops.

“Hal ini ditandai dengan akuntabel pemerintah, tegaknya supremasi hukum, kepatuhan masyarakat terhadap hukum dan kuatnya masyarakat dalam Politik “.

Disamping itu juga dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota perlu perhatian serius dan diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi nyata yang dapat mengganggu serta menghambat dalam pemilihan nantinya.

Potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa pelanggaran tindak pidana pemilu termasuk pidana umum yang harus dapat dikelola secara Profesional, Transparan dan Akuntabel.

Terkait Tindak Pidana Pemilu Polri bekerjasama dengan Kejaksaan dan Panwaslu dalam mengoptimalkan peran sentra Gakkumdu, sehingga proses penyelesaian nya dapat dengan tuntas setiap penyelenggaran pemilihan Walikota dan Wakil Walikota dalam rangka menjamin stabilitas Kamtibmas selama pelaksaan berlangsung.

Operasi Mantap Praja Seligi 2018 ini dilaksanakan selama 210 hari dengan mengedepankan Preemtif dan Preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum dalam pengamanan setiap inti Pemilukada yang berjalan.

Karo Ops juga menambahkan dalam pergelaran Fungsi Kepolisian melibatkan sebanyak 330 Personil yang tergabung dalam Satgas, ditambah 90 Personil dari Dit Sabhara dan Brimob Polda Kepri serta dibantu oleh Personil TNI dan Personil Linmas yang akan tersebar pada 313 TPS di seluruh Kota Tanjungpinang, tutup Karo Ops.

Gelar pasukan ini dihadiri oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, SH, SIK, MH serta Pejabat Utama Polres Tanjungpinang,Dan Wing Kolonel Ludi Muharjo,Dan Lanudal Letkol Laut ( P ) Henoch N, Dan Pomal Letkol Laut PM Didik Wahyudi , Ketua Panwaslu Kota Tpi Ibu Marhamah dan Forkompinda Kota Tanjungpinang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here