Promoter.news,-Kesiapan pengamanan Pemilu 2019, ditunjukan Polresta Sidoarjo dalam gelar Gladi Lapang Sispamkota, yang diadakan di depan Masjid Agung Sidoarjo, Rabu (13/3/2019) pagi.

Ada sebanyak lima tahapan simulasi yang diperagakan dalam gladi lapang tersebut. Atraksi dimulai dengan peragaan pengaman dalam tahap pendistribusian surat suara. Dalam adegan itu, para personel diahadapkan situasi ada oknum masyarakat yang mencoba menyerang pendistribusian surat suara. Aksi kejar-kejaran antara personel kepolisian dan oknum yang menggunakan mobil pun disuguhkan.

Lalu, tahapan selanjutnya adalah pengamanan massa kampanye dan massa pemungutan suara. Simulasi ditutup dengan adegan pengamanan unjuk rasa yang berujung anarkis usai pemungutan suara.

Dalam adegan itu, diperankan betul bagaimana personel kepolisian dari unsur negosiator polwan hingga dalmas yang bekerja sesuai prosedurnya untuk membubarkan massa. Penyemprotan air dari unit water cannon hingga penembakan gas air mata juga diperagakan secara sungguhan.

Bupati Sidoarjo Saiful Illah yang hadir dalam gladi lapang, mengapresiasi kesiapan Polresta Sidoarjo yang didukung personil gabungan. “Dalam gladi lapang sispamkota ini, diperlihatkan bagaimana langkah antisipasi pengamanan yang dilakukan Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan linmas guna mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk mengganggu kamtibmas di Kabupaten Sidoarjo di saat pelaksanaan Pemilu 2019 nanti,” ujar Bupati Sidoarjo.

Meskipun, pengamanan yang begitu siap, Bupati Sidoarjo berharap agar semua masyarakat di Kabupaten Sidoarjo menyambut Pemilu 2019 dengan suka cita, damai dan tertib. “Mari jaga kondusifitas di Kabupaten Sidoarjo, dengan penuh kerukunan dan damai walaupun kita berbeda pilihan,” tambahnya.

Usai gladi lapang sispamkota, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menyatakan, pihaknya telah siap mengamankan Pemilu 2019. “Digelarnya gladi lapang sispamkota ini, dalam rangka mengecek kesiapan pengamanan menghadapi Pemilu 2019, guna terwujudnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.

Gladi lapang sispamkota Pemilu 2019 yang dihadiri Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, dan disaksikan pimpinan partai politik se-Kabupaten Sidoarjo diadakan Polresta Sidoarjo hari ini (13/3/2019) melibatkan sebanyak 700 personil, dari Polresta Sidoarjo, Brimob, TNI, Satpol PP, Dishub, serta didukung linmas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here