Surabaya – PromoterNews

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard M Sinambela membeberkan hasil ungkap kasus penipuan dan perampasan dengan menangkap 4 tersangka di Terminal Bungurasih (Purabaya Waru Sidoarjo) di halaman kantor Kasubdit Jatanras Polda Jatim, Jum’at 05 Oktober 2018 siang.

Dalam jumpa pers kali ini, Kasubdit Jatanras Polda Jatim yang pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya kepada para wartawan yang hadir juga memamerkan keempat tersangka hasil tangkapannya.

AKBP Leonard M Sinambela menjelaskan, para tersangka yang berhasil ditangkap, merupakan pelaku sindikat penipuan dan perampasan berkelompok yang setiap harinya beraksi di Terminal Bungurasih dan setiap harinya bisa 6 hingga lebih mendapatkan korban.

” Keempat tersangka yang berhasil kami tangkap yakni, Munikrah (66 tahun) warga Wonokusumo jaya barat surabaya merupakan residivis pada tahun 2014 dengan kasus yang sama, Aris (39 tahun) warga Brigjen Katamso Surabaya, Nurul (38 tahun) warga Karongan Sampang Madura dan Fahrihin (36 tahun) warga jalan Sumbo Sidodadi Surabaya, ” Ucap AKBP Leonard M Sinambela.

Masih kata Leonard, adapun modusnya yakni, salah satu tersangka mencari calon korbannya, setelah mendapatkan sasarannya oleh tersangka langsung di giring ketempat yang berkedok kantor trevel. Sesampainya di kantor tersebut korban di paksa untuk membayar sejumlah uang sebesar Rp.400.000 (empat ratus ribu rupiah) harga yang tidak sesuai dengan harga normalnya.

” Setelah memaksa untuk membeli tiket yang tidak sesuai, para tersangka langsung mengantarkan korban menuju ke bus dengan jurusan Madiun serta merampas lagi tiket yang telah dibeli korban, sehingga diatas bus tersebut, korban harus membayar lagi, ” jelasnya,

Dari hasil penangkapan terhadap tersangka, lanjut Leonard, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa, 1 lembar tiket CV Divana Putrie Wisata Tour dan tiket Trevel yang tertulis atas nama korban dengan No.001453 Sebesar Rp.395.000 (Tiga ratus sembilan puluh lima ribu rupiah), 1 bendel bukti pesanan tiket kosong dari CV. Divana Putrie Wisata Tour dan Trevel, serta sebuah Spidol warna biru.

” Atas perbuatannya, para tersangka akan di jerat dengan Pasal 365 KUHP, dengan ancaman kurungan selama 9 tahun penjara, ” tegas Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim. ( Humas Polda Jatim / Syam )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here