Bareskrim Polri Kembali Sukses Gagalkan Trafficking ke Tiongkok

0
99

Promoter Polri – JAKARTA. Jumat (24/11/2017). Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) ke Tiongkok. Pelaku dengan inisial S alias M ditangkap di Surabaya, Jawa Timur, pada Jum’at (24/11/2017). Bersamaan ditangkapnya tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti berupa buku rekening Bank Mandiri dan BCA beserta kartu ATM, serta buku catatan TKI.

Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Pol. Ferdi Sambo mengatakan bahwa pelaku melakukan kejahatan perdagangan orang kepada 18 warga negara Indonesia (WNI).

“Unit empat telah melakukan penangkapan terhadap “M”,” kata Kombes Pol. Ferdi Sambodi, Jakarta, Jumat, 24 November 2017.

Selain itu, Kombes Pol. Ferdi Sambodi juga menjelaskan bahwa para korban direkrut oleh sponsor dari Lombok, Yogyakarta dan Sukabumi yang kemudian diserahkan ke S alias M di kawasan Condet Jakarta Timur untuk dipekerjakan ke luar negeri. Pihaknya juga menambahkan, para korban dibawa ke Pasuruan untuk ditampung sementara sembari menunggu tiket pesawat yang selanjutnya mereka diberangkatkan ke Kuala Lumpur, Malaysia, melalui Bandara Juanda, Surabaya.

“Setelah tiba di Kuala Lumpur, para korban diamankan oleh pihak Imigrasi Kuala Lumpur dan di serahkan ke KBRI di Malaysia,” kata

Kombes Pol. Ferdi Sambodi mengatakan bahwa pengungkapan ini merupakan salah satu satu bentuk atensi dari KBRI Kuala Lumpur dan KBRI Arab Saudi.

Selanjutnya tersangka S alias M dijerat dengan Pasal 4, Pasal 10 UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang TPPO dan atau Pasal 102 ayat 1 huruf a, huruf b, Pasal 103 ayat 1 huruf g UU Nomor 39 Tahun 2004 PPTKLN Jo Psl 55 ayt 1 ke 1e.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here