Rental Mobil Untuk Sarana Curi Motor di Surabaya

Surabaya – Unit reskrim Polsek Rungkut Surabaya menangkap pelaku curanmor yang diketahaui bahwa para tersangka ini kerap beraksi diwilayah hukum Polsek Rungkut.

Mereka diketahui berjumlah dua orang pria berasal dari Pulau Madura Kota Bangkalan, diantaranya Mukib (26) dan Hamzah (21).

Dari keterangan Kapolsek Rungkut, Kompol I Gede Suartika saat memimpin konferensi pers didampingi Kanit Reskrim Polsek Rungkut, Iptu Joko Soesanto, mengatakan mereka diringkus usai beraksi di seputar jalan Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Selasa (18/2/2020) malam lalu.

“Awalnya ada laporan pencurian kendaraan bermotor, lalu kami lakukan identifikasi berdasarkan CCTV. Termasuk komplotannya. Mereka berempat waktu beraksi di wilayah Rungkut,” kata Kapolsek Rungkut, Kompol I Gede Suartika, Jumat (21/2/2020).

Menurutnya kedua pelaku ini di tangkap saat beraksi di sebuah Minimarket. Pada saat itu pula polisi memang sudah mengintainya kemudian disegerakan untuk melakukan penangkapan.

Namun mereka justru berusaha melawan dan hendak kabur, sehingga petugas terpaksa dilumpuhkan kakinya menggunakan timah panas.

“Dua di mobil, dua beraksi. Mereka bergantian,” lanjut Gede.

Kompol Kompol I Gede Suartika, menegaskan bahwa komplotan yang berjumlah empat orang ini berangkat dari Bangkalan menggunakan sebuah mobil sewaan Honda Mobilio bernopol M 1457 HK putih.

“Kawanan ini pakai mobil dari Madura, lalu menyasar lokasi di wilayah Rungkut dan Surabaya umumnya,” Lanjutnya.

Dari pengakuan salah satu tersangka mengatakan, bahwa kawanannya sering beraksi disebuah Minimarket yang tidak ada penjaga parkirnya diwilayah Rungkut dan mereka sering beraksi diwaktu malam.

“Ya kadang di rumah, tapi yang sering di minimarket yang tidak ada tukang parkirnya,” kata Hamzah.

Hamzah mengatakan hasil dari curiannya dijual kepenadah di Bangkalan dan harganya pun bervariasi sesuai dengan jenis motor yang ia dapat.

“Lakunya tidak mesti, tergantung jenis motor dan keluarannya. Kadang ada yang laku 2 juta sampai 3,5 juta. Uangnya buat foya-foya saja,” tambahnya.

Sampai saat ini Polisi sedang memburu kedua tersangka yang berhasil melarikan diri saat penangkapan. “Kami lakukan penyelidikan hampir tiga minggu saat kejadian terakhir di wilayah Rungkut. Alhamdulillah berkat kerja keras anggota, para pelaku yang meresahkan warga Rungkut ini berhasil kami tangkap. Sebab sudah ada 20 TKP di wilayah kami,” singkat Kanit Reskrim Polsek rungkut Polrestabes Surabaya, Iptu Joko Soesanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *